Cara Mudah Budidaya Ikan Mujair

KlikPintar – Budidaya Ikan Mujair. Siapa yang tidak kenal kelezatan ikan bakar, hampir semua orang doyan yang namanya ikan bakar. Banyak sekali ikan konsumsi yang ada di dunia ini seperti ikan lele, ikan mas, ikan nila dan juga tidak ketinggalan ikan mujair. Ikan mujair juga termasuk ikan konsumsi yang lezat. Oleh karena itu budidaya ikan mujair banyak sekali dilakukan di Indonesia.

Ikan Mujair termasuk ikan yang dapat bertahan hidup dengan lingkungan yang kurang baik, termasuk gampang sekali hidup di air yang tidak bersih atau keruh juga dapat hidup di air yang mengalir. Ikan ini pun juga tahan terhadap penyakit dan mudah bertelur. Oleh karena itu, budidaya ikan mujair tergolong hal yang mudah dilakukan seperti ikan lele. Nah, sekarang kita akan membahas cara mudah untuk budidaya ikan Mujair. Bagaimana cara budidaya ikan mujair dengan mudah, mari kita ulas caranya melalui tips singkat berikut ini :

Budidaya Ikan Mujair

Hal-hal yang harus dipersiapkan dalam budidaya ikan mujair adalah sebagai berikut :

1. Persiapan Kolam

Kolam adalah hal yang wajib dalam setiap ternak ikan, termasuk budidaya ikan mujair. Buatlah kolam dengan ukuran 4 x 6 x 1 meter dengan memakai semen. Isilah kolam tersebut dengan lumut dan sedikit lumpur. Dan buatlah kolam dengan ukuran 2 x 1 x 0,5 untuk kolam khusus benih ikan mujair.

2. Pembenihan

Setelah ikan bertelur dan menjadi benih, pindahkan benih tersebut ke kolam kecil (kolam khusus benih). Setelah umur 3 minggu benih siap untuk dipindahkan ke kolam pendederan. Kepadatan kolam pendederan adalah 50 benih per meter kubik.

3. Pemeliharaan Ikan

Pendederan bisa kita lakukan di kolam manapun atau dengan kata lain bisa kita lakukan disembarang kolam. Ikan bisa diberi makan konsentrat 521 atau 534 atau mungkin anda juga bisa berimprovisasi dengan menggunakan makanan racikan anda sendiri dengan bahan bekatul dan ikan asin juga jagung. Anda pun juga dapat menambahkan kangkung dan bayam yang dicacah kecil-kecil.

4. Panen Ikan Mujair

Ikan mujair dapat kita panen setelah ikan berumur 4 – 6 bulan. Anda dapat menggunakan alat bantu seperti jaring, anda juga dapat mengeringkan kolam dan mengambil ikannya. Tapi harap berhati-hati karena sirip ikan mujair tajam dan bisa menusuk jari.

budidaya ikan mujair

Untungnya Budidaya Ikan Mujair

Setelah panen, anda dapat menjual ikan mujair sendiri atau anda jual kepada orang yang biasa menjualnya. Alangkah lebih menguntungkan jika anda pun dapat menjualnya sendiri kepada konsumen, anda bisa membuka kios yang khusus menjual ikan mujair. Terlepas dari pemasaran, budidaya ikan mujair sangat mudah bukan? Anda tidak perlu takut gagal dalam budidaya ikan mujair karena kemungkinan sukses budidaya ikan ini sangat terbuka lebar. Jika anda tertarik budidaya ikan mujair, semoga tips diatas bermanfaat.

Komentar Untuk Cara Mudah Budidaya Ikan Mujair :

3 comments

  1. Ahmad KE Bull

    kapan sy bisa mengoba ini ?

  2. kalau di rumah pakai kolam terpal bisa nga ya kira kira ?

  3. klu kolam semen 1x 4 m dalam 40 cm gmn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top