Cara Sukses Ternak Love Bird, Tips Breeding Paruh Bengkok

1207 views
Advertisement

Cara Ternak Love Bird - Love Bird atau burung cinta adalah burung yang sangat unik, bentuknya mungil dan sangat lucu. Burung ini sangat menggemaskan, oleh karena itu tak heran jika banyak orng yang memelihara love bird. Disamping burung ini sangat menarik untuk dipelihara, burung ini juga menarik untuk diternakkan. Ini akan sangat mengiurkan dari sisi bisnis.

Cara Ternak Love Bird tidak sulit juga tidak terlalu mudah, Berikut kami sajikan tips praktis dalam beternak burung cinta atau love bird. Bagi peternak pemula yang perlu di perhatikan adalah kemauan untuk belajar dengan para peternak love bird lain yang sudah berhasil. Keberadaan guru akan sangat menunjang keberhasilan beternak love bird. Berikut ini tipsnya :

Cara Ternak Love Bird Step By Step

cara ternak love bird

Tips Tips Cara Ternak LoveBird yang Penting

1. Bedakan Love jantan dan Betina

Cara yang paling mudah untuk membedakan antara love bird jantan dan love bird betina adalah dengan meneliti bagian cupit yang terletak di bawah anus LoveBird. Kemudian kita raba, apabila lancip ,rapat dan keras maka kemungkinan besar itu adalah pejantan sedangkan kalau capitnya tumpul, lebar, dan lembek maka itu adalah love bird betina.

Ciri yang lainnya adalah LoveBird Betina yang sedang Birahi akan mengumpulkan bahan bahan  sarangnya yang di selipkan di bawah sayapnya sebelum di bawa ke kotak sarangnya. kalau membedakan berdasarkan paruhnya, Lovebird kita ambil yang seumuran dan kita lihat kalau paruh dari pangkal sampai ujung cenderung meruncing maka itu lovebird Jantan tetapi kalau paruh cenderung melebar berarti lovebird Betina.

2. Cara Memilih Indukan  LoveBird

Lovebird mulai produktif sekitar umur 7 bulan ke atas. Sedang yang sudah berumur 3 tahun keatas sudah kurang produktif lagi. Untuk pembelian Lovebird sebaiknya kita ke tempat peternak yang sudah terkenal akan kualitas love bird yang dijualnya.

Baca ini:  Tips Beternak Ayam Siam (Ayam Bangkok)

Harga menentukan kualitas burung love bird, kenapa? karena tidak semua love bird sama, beda warna tentu beda pula harganya. Untuk Anda yang baru belajar beternak lovebird, sebaiknya beli yang sudah jodoh resmi atau yang pernah bertelur satu kali dipemilik sebelumnya. Silakan Anda sesuaikan dengan budget untuk urusan warna dan harga indukan, semakin warnanya unik semakin mahal harganya. Namun kami sarankan untuk membeli warna standar dahulu seperti Love bird Pastel Hijau atau Love bird Pastel Biru.

Penjodohan lovebird tidak semudah yang kita bayangkan, karena perlu proses, tidak serta merta ketika kita masukan kedua lovebird kedalam satu sangkar maka mereka berjodoh. Lovebird akan membutuhkan proses dalam perjodohan itu sendiri, bila jodoh maka burung tersebut akan kawin dan membuat sarangnya apabila tidak berjodoh makan kedua love bird akan bertengkar.

Berikut jenis love bird yang sering kita temui di Indonesia:

  • Lovebird Lutino Mata Merah
  • Lovebird Lutino Mata Hitam
  • Lovebird Albino Mata Merah
  • Lovebird Albino Mata Hitam
  • Lovebird Cobalt/dark blue
  • Lovebird Betmen
  • Lovebird Dark Green
  • Lovebird Pastel Kuning/paskun
  • Lovebird Pastel Hijau/pasjo
  • Lovebird Violet
  • Lovebird Olive
  • Lovebird Pastel Putih/pasput
  • Lovebird Pastel Biru/pasbir
  • Lovebird Dark Violet
  • Lovebird Pied Mauve
  • Lovebird Pied Dom spangle Blue
  • Lovebird Pied Dom Green
  • Lovebird Pied Green Sable
  • Lovebird Clear Pied Green Sable
  • Lovebird Dompied Green Sable
  • Lovebird Biola
  • Lovebird Par blue/PB

Macam-macam warna loebird Fischeri

warna lovebird Fischeri

3. Pemberian Pakan

Cara Ternak Love Bird yang baik adalah dengan memberikan pakan yang berkualitas ini sangat berpengaruh terhadap keturunan Lovebird, banyak jenis pakan yang sering dipakai peternak adalah jagung muda, toge, sawi, kwaci karena pakan-pakan tersebut bisa meningkatkan birahi Lovebird.

4. Penempatan  LoveBird  di Kandang

Dua cara beternak lovebird yaitu dengan Kandang koloni atau individual sepasang dalam 1 Kandang. Kelemahan dengan sistem koloni adalah kita agak susah dalam melacak garis keturunan sedangkan secara individual maka kita lebih mudah melacak garis keturunannya. Kelebihan penempatan secara individual adalah lebih memudahkan kita bereksperimen untuk menemukan varian yang baru. Penempatan Lovebird adalah di Kandang kotak kayu dengan ukuran 80cm x 40cm x 40cm.

Baca ini:  5 Tips Untuk Persiapan Ternak Bebek

5. Persiapan Menjelang Reproduksi

Yang harus disiapkan adalah kotak glodok untuk bertelor dan mengerami. tempat glodok umumnya di buat dengan kayu, sedangkan bahan sarang terbuat dari kulit jagung yang sudah dikeringkan. Telur lovebird biasanya  berkisar 4-6 butir.

Masa mengerami LoveBird adalah selama 21 sampai 23 hari. setelah burung menetas induk jantan dan betina akan menyuapi anaknya secara bergantian. Sekitar umur 6 sampai 8 mingggu anakan mulai keluar dari sarangnya. setelah anakan Lovebird bisa makan sendiri maka ambil anakan lovebird dan pisahkan dari induknya supaya induknya bisa kembali bereproduksi.

Apabila indukan tidak mau Meloloh atau menyuapi anaknya maka segera ambil anakan kemudian kita suapi sendiri. Pembuatan kotak untuk anakan adalah berukuran 40cm x 40cm x 40cm di lengkapi lampu bohlam 5 watt untuk menghangatkan anakan Lovebird. suapi anakan Lovebird setiap 2 jam sekali dengan bubur bayi SUN kacang hijau.

cara spet anakan lovebird

tingkat kekentalan bubur di sesuaikan dengan umur anakan, semakin dewasa maka bubur yang kita berikan semakin kental. Setelah anakan berumur 3 atau 4 minggu kita mulai latih dengan memberikan makanan lain sperti buah-buahan, sayuran,  millet dan makanan lainnya.

Itulah 5 tips sukses Cara Ternak Love Bird, semoga artikel dari KlikPintar tentang cara beternak lovebird ini bisa berguna untuk anda, terima kasih.

Advertisement
    • Tonny

      Maaf kalau tulisan kami tidak berkenan, tapi ini murni tulisan kami sendiri, terima kasih atas masukannya

    • Tonny

      Coba di group-group facebook sesuai wilayah kota Anda

    • Tonny

      ada banyak faktor mas,

      1. Rungan lembab

      2. Penempatan Sarang yang kurang tepat

      3. atur pola makan, jangan segan2 membeli produk vitamin khusus untuk breeding

      4. kalo ada lovebird pasangan lain, coba dekatkan untuk beberapa hari untuk memancing agar cepet bereproduksi

      5. Faktor yang terakhir adalah sesama jenis, mas pasti tahu lovebird termasuk burung monomorfik seksual, atau penampilan burung jantan dan betina itu mirip, sangat dimungkinkan burung yang seolah-olah berjodoh adalah sama-sama berkelamin jantan. Jadi, kita tunggu sampai bertahun-tahun pasti tidak akan pernah bertelur, he.. he…

    • Tonny

      banyak faktor yang mempengaruhi lovebird memecahkan telurnya

      1. Induk merasa terganggu saat mengerami telur-telurnya

      2. Induk merasa ada telur yang kosong (infertil)

      3. Induk merasa tidak nyaman karena sarangnya sering dilihat

      4. Induk merasa suasana di dalam kotak sarang terlalu lembab

      disarankan ketika bertelur stop dulu pemberian pakan basah seperti sayur-sayuran segar, cukup beri milet putih atau beli pakan miet yang sudah di mix, seperti pakan impor