Cara Alami Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas

Posted on

Arah Mata Angin – Pada umumnya kita mengenal empat buah arah mata angin, yaitu utara, barat, selatan dan timur. Dari empat mata angin tersebut, kita bisa membagi lagi menjadi delapan arah mata angin yaitu utara, barat, selatan, timur, tenggara, barat daya, barat laut, timur laut. Begitulah arah mata angin yang biasa kita pelajari sewaktu Sekolah Dasar.

Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas

Cara menentukan arah mata angin tersebut paling mudah adalah menggunakan alat yang bernama kompas, alat yang mengandalkan magnet bumi sebagai acuan arah mata angin. Tapi bagaimana jika kita membutuhkan untuk mengetahui arah mata angin tetapi tidak tersedia kompas? Nah, ada beberapa hal yang bisa dijadikan patokan untuk menentukan arah mata angin secara mudah. Cara-cara tersebut kami pilihkan yang secara alami, jadi tidak memerlukan alat tambahan untuk menentukan arah mata angin disaat – saat darurat.

arah mata anginCara Menentukan Arah Angin Secara Alami

Beberapa cara menentukan arah mata tanpa kompas adalah sebagai berikut :

1. Menggunakan Bayangan

arah mata angin

Di Indonesia matahari terbit dari arah timur dan tenggelam arah barat. Cahaya matahari bisa kita manfaatkan untuk menentukan arah mata angin, pada pagi hari bayangan matahari cenderung ke arah barat dan pada sore hari bayangan akan cenderung ke arah timur. Bayangan matahari ini juga bisa untuk menentukan waktu.

2. Melihat Masjid

arah mata angin

Masjid bisa kita manfaatkan untuk menentukan arah mata angin, arah masjid di Indonesia cenderung mengarah ke Barat atau masjidil haram (Ka’bah), bila dalam suatu perjalanan kita bingung menentukan arah mata angin kita bisa melihat arah masjid. Dan tentu saja ini tidak berlaku di semua negara, hanya berlaku di negara-negara sebelah timur Arab.

Baca ini:  9 Jenis-Jenis Tanah di Indonesia & Dunia Serta Pengertiannya

3. Manfaatkan Pohon

arah mata angin

Bagi anda yang tersesat di hutan, coba perhatikan pohon. Perhatikan setiap sisi batang pohon. Sisi pohon berbatang besar yang terkena sinar matahari dan tidak berlumut menunjukkan arah barat/timur. Jika tersesat pada malam hari, coba raba sisi pohon berbatang besar ini, dan rasakan suhunya. Suhu yang agak hangat merupakan sisi yang terakhir kali terkena sinar matahari, maka itu menentukan arah barat.

4. Posisi matahari dan jam tangan

arah mata angin

Masih bingung untuk menentukan arah mata angin sementara kamu sedang tersesar di tengah hutan yang tertutup. Jangan khawatir, masih ada cara untuk mencari jalan. Cobalah untuk melihat jam tanganmu dan perhatikanlah di mana posisi matahari.Penulisan 12 jam yang membulat mengikuti arah pergerakan matahari yang terbit dari timur dan tenggelam di barat. Jadi, setelah melihat jam, segera menghadap ke matahari. Jadikan posisi matahari yang terbit di timur sebagai patokan dasar. Kamu pun bisa menentukan arah selanjutnya dengan menggunakan jam tangan.

5. Melihat kuburan Islam dan Kristen

arah mata angin

Jika berada di suatu pedesaan yang asing dan tersesat di sana. Anda bisa menentukan arah dengan melihat kuburan. Kuburan Islam dan Kristen selalu menunjukkan arah utara-selatan. Bagian nisan atau kepala yang selalu menghadap ke barat. Jadikanlah ini sebagai patokan dasar. Tapi ingat, ini hanya berlaku di wilayah Indonesia saja.

6. Kelompok bintang Orion menunjukkan arah barat

arah mata angin
Hal yang paling menakutkan adalah tersesat di daerah asing pada malam hari. Saat itu penerangan sangat minim, ditambah tidak adanya kompas, bisa membuat siapa saja panik. Tapi coba manfaatkan keindahan alam lewat taburan bintang di langit. Carilah rasi bintang orion. Rasi bintang ini merupakan perpaduan 3 bintang terang. Jika dipadukan, ketiganya membentuk mirip ekor kalajengking dan selalu menunjuk ke arah barat.

Baca ini:  Ciri Khusus Tumbuhan Eceng Gondok

7. Jarum/Silet di permukaan air

arah mata angin

Ada cara yang paling umum digunakan seseorang untuk menentukan arah, yaitu membuat kompas sederhana. Caranya mudah, hanya bermodalkan jarum atau silet yang digosok ke permukaan kering, dan ditusukkan ke gabus. Gabungan silet dan gabus kemudian diletakkan di atas permukaan air, sehingga terlihat mengapung. Ujung silet atau jarum pada kompas sederhana ini selalu menunjuk ke arah utara atau selatan.

Nah, itulah tiga cara alami untuk menentukan arah mata angin, semoga artikel diatas bisa bermanfaat untuk anda dan terima kasih telah mengunjungi KlikPintar.net.

Pencarian Terpopuler:

    Arah mata angin, cara menentukan arah mata angin, mata angin

5 thoughts on “Cara Alami Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *