Cara Mudah Budidaya Melon Dengan Polybag

Posted on

KlikPintar – Budidaya Melon. Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini, buahnya berbentuk bulat rasanya pun manis dan segar. Melon namanya, buah ini menjadi kesukaan banyak orang yang mengidamkan kesegaran buah. Melon seringkali dihidangkan setelah makan dan juga kerap dibuat minuman jus melon. Melon kemudian menjadi banyak ditanam karena faktor ekonominya. Melon menjadi sebuah komoditi yang menguntungkan dari segi ekonomi.

Melon adalah buah yang sangat segar apabila dinikmati setelah dipetik langsung dari pohonnya, maka dari itu jika ingin menikmati melon yang segar anda disarankan menanam langsung dipekarangan anda atau dengan kata lain budidaya melon. Masalah akan timbul ketika anda tidak mempunyai lahan untuk budidaya melon, masalah itu dapat teratasi dengan metode tambulampot atau tanaman buah dalam pot. Dengan tambulampot anda bisa menghemat ruang untuk tanaman anda, karena anda dapat menanam tanaman buah didalam pot atau polybag. Nah, kini kita akan membahas tentang budidaya melon dengan polybag. Cara-cara mudah yang harus anda lakukan jika ingin mencoba budidaya melon dengan polybag adalah sebagai berikut :

Budidaya Melon Dengan Polybag/Pot

Untuk memulai budidaya melon dengan polybag/pot anda harus menyiapkan alat dan bahan :

1. Polybag dengan ukuran 37cm x 40cm

2. Rambatan kayu atau bambu

3.  Tali Rafia

4. Paku Ukuran 2 Inch

5. Gunting atau pisau.

6. Serangkaian benih dan media tanam : Benih melon, Pupuk Kandang, Pupuk NPK, Urea, Kapur, Insektisida, Fungsisida, Herbisida.

Kemudian langkah-langkah budidaya melon dalam polybag adalah sebagai berikut :

1. Lakukan pencampuran tanah untuk media tanam dengan komposisi tanah, pasir, juga pupuk kandang dengan takaran 1:1:1. Bersamaan dengan pengisian polybag, lakukan persemaian benih selama 14 hari. Gunakan pupuk mutiara 15 gram setiap polybag.

Baca ini:  Sejuta Manfaat Bunga Krisan

2. Setelah 14 hari silakan tanam benih yang sudah disemaikan tersebut ke dalam polybag. Hanya satu pohon satu polybag dan tempatkan polybag dengan jarak 50 x 75 cm.

3. Rambatan dipasang setelah 5-8 hari menanam pada polybag. Dan jangan lupa untuk memangkasnya karena sangat menentukan pertumbuhan pohon melon. Ini sangat penting pada budidaya melon. Cabang yang muncul dari ketiak daun pertama sampai daun kedelapan boleh dipotong, tapi dari daun kesembilan sampai daun ketiga belas, cabang yang tumbuh dipelihara untuk pembuahan setelah daun ketigabelas tidak perlu lagi ada cabang yang dipelihara hingga daun ketujuh belas batang dipotong.

4. Silakan lakukan pemupukan berkala masing-masing 10 gr/polybag setiap setengah bulan sekali.

5. Bila buah sudah muncul bisa diseleksi, masing-masing pohon hanya 2 buah yang dipelihara, buah diambil dari cabang ke sembilan sampai cabang ke tiga belas.

6. Buah melon sudah berbuah sejak 20 hari tanam, dan bisa dipanen pada saat berumur  60 hari pasca tanam. Beberapa cirinya adalah warna buah sudah putih kekuningan dan sudah berbau melon. Anda juga harus menyiangi tanaman penganggu disekitar tanaman melon agar pohon melon dapat tumbuh optimal.

cara budidaya melon

Mudahnya Budidaya Melon

Budidaya melon memang sangat mudah bukan? Memang perlu kesabaran untuk menekuni budidaya melon agar berhasil. Nah, ini semua membuktikan bahwa untuk budidaya melon tidak perlu kebun yang luas, anda cukup menggunakan polybag atau pot. Bila anda tinggal di perumahan, mungkin ini dapat menjadi solusi menanam melon di tempat yang sempit, juga juga solusi menanam pohon diatas lantai semen.

Budidaya melon dengan polybag bisa dilakukan oleh siapapun tanpa memerlukan lahan yang luas, kini dengan menggunakan metode tambulampot anda pun bisa menikmati sensasi buah melon yang dipetik langsung dari tangkainya. Nah, sekian info budidaya melon dengan polybag, semoga informasi ini bermanfaat dan terimakasih telah mengunjungi blog Klikpintar kami.

6 thoughts on “Cara Mudah Budidaya Melon Dengan Polybag

  1. sip, ajib, mantab, terimakasih udah berbagi ilmu semoga berkah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *