Ciri Ciri Khusus Tumbuhan Bunga Anggrek Bulan

Posted on

Bunga Anggrek Bulan – Bunga memang sangat menyedapkan dipandang mata, ada banyak sekali ragam bunga yang dapat kita jumpai didunia ini terutama di negara tropis. Ada bunga krisan, bunga matahari, bunga melati dan juga bunga anggrek. Semua bunga memiliki ciri khas tertentu dan menjadi keistimewaannya dibanding bunga yang lainnya. Lalu bagaimana dengan bunga anggrek bulan?

Ciri Ciri Bunga Anggrek Bulan

Bunga anggrek merupakan tanaman hias yang populer di Indonesia yang juga memiliki keharuman. Bunga anggrek bulan pum memiliki ciri khas atau karakteristis tertentu yang membedakan dirinya dengan bunga-bunga lain dan bisa menjadikannya sebagai kelebihan yang dimiliki bunga tersebut. Pertumbuhan bunga anggrek bulan sangat pesat di daerah tropis dan tidak terlalu suka dengan suhu dingin. Karakteristik bunga naggrek bulan adalah sebagai berikut.

Ciri Khusus Tumbuhan Bunga Anggrek Bulan

1. Bagian Akar Bunga Anggrek

Akar tanaman anggrek merukapan akar yang unik karena menempel pada batang tumbuhan lain dan biasanya mengikuti permukaan batang yang ditempeli akar bunga anggrek tersebut. Dibagian akar terdapat jaringan velamen yang berfungsi memudahkan akar menyerap air dan melakukan pernapasan, karena itulah tidak diperlukan serabut akar kecil-kecil. Jamur juga bermanfaat untuk mengubah zat organik menjadi humus dan menjadikan bahan makanan bagi si anggrek.

2. Bagian Batang Bunga Anggrek

Batang tanaman anggrek dapat tumbuh tinggi secara vertikal. Bunga anggrek bulan akan muncul pada ketiak-ketiak daun. Batang anggrek ini sangat pendek dan tidak seperti anggrek-anggrek lainnya. Pada satu titik tumbuh akan terdiri hanya satu batang utama saja yang tumbuh keatas.

Baca ini:  Khasiat Macam Macam Bunga Yang Bisa di Makan

3. Bagian Daun Bunga Anggrek

Bagian daun tanaman bunga anggrek bulan biasanya tumbuh lebat sekitar 5 – 10 cm. Daun tanaman ini biasanya bertunggangan dan berderet dalam dua baris yang rapat dan berhadapan. Daun yang berwarna hijau ini melebar kearah ujung daun dan pangkalnya menghimpit batang. Tekstur daun ini berdaging tebal karena mengandung klorofil, candangan makanan dan juga simpanan air.

4. Bagian Bunga Tumbuhan Anggrek

Bagian bunga terdiri dari tiga buah kelopak bunga dan juga tiga buah tajuk bunga. Satu buah kelopak terletak pada bagian punggung maka disebut kelopak punggung, sedangkan yang lainnya terletak pada bagian samping sehingga disebut dengan daun kelopak samping. Tajuk bunga sendiri terdiri dari tiga buah yang posisinya berselang-seling dengan kelopak bunga. Pada bagian pusat bunga terdapat alat kelamin jantan dan betina yang menjadi satu kesatuan. Bunga anggrek bulan memiliki tiga buah penutup yang meliputi penutup sejajar dengan tiang bunga, penutup samping, dan juga penutup tengah yang keseluruhannya memiliki bulu-bulu yang halus. Bunga anggrek bulan sangat indah karena memiliki pilihan warna yang beragam.

bunga anggrek bulan

Nah itulah beberapa karakteristik yang terdapat pada tanaman bunga anggrek bulan dari ujung bunga hingga ujung akar yang memiliki keunikan dibanding bunga anggrek lainnya. Ingin memiliki keindahannya? Yuk tanam bunga anggrek bulan dirumah kita, semoga artikel dari klik pintar ini dapat menginspirasi anda.

Pencarian Terpopuler:

    ciri ciri anggrek bulan, anggrek bulan, ciri ànggrek bulan, karakteristik anggrek bulan

Baca ini:  Tips Mudah Menanam Pohon Kiwi

2 thoughts on “Ciri Ciri Khusus Tumbuhan Bunga Anggrek Bulan

  1. Anggrek bulan itu bunga klasik, artinya pesonanya tak lekan waktu.. saya sangat suka bunga ini..

  2. Memang bunga anggrek memiliki keunikan tersendiri dari bunga lainnya, aromanya sungguh khas ya mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *