9 Jenis-Jenis Tanah di Indonesia & Dunia Serta Pengertiannya

Category : Sains
9 Jenis-Jenis Tanah di Indonesia & Dunia Serta Pengertiannyaby Tonnyon.9 Jenis-Jenis Tanah di Indonesia & Dunia Serta PengertiannyaAdvertisement Jenis-Jenis Tanah dan Pengertian – Tanah merupakan tempat kita berpijak dibumi, tempat berbagai macam bangunan berdiri diatasnya. Tapi tahukah anda jenis-jenis tanah? Ya, memang tanah di bumi ini sangat beraneka ragam macamnya. Ada tanah yang subur mudah sekali di tanami tumbuh-tumbuhan, ada yang berpasir, dan bermacam-macam lainnya. Jenis-Jenis Tanah di Indonesia dan Dunia Tahukah […]

Advertisement



Jenis-Jenis Tanah dan Pengertian – Tanah merupakan tempat kita berpijak dibumi, tempat berbagai macam bangunan berdiri diatasnya. Tapi tahukah anda jenis-jenis tanah? Ya, memang tanah di bumi ini sangat beraneka ragam macamnya. Ada tanah yang subur mudah sekali di tanami tumbuh-tumbuhan, ada yang berpasir, dan bermacam-macam lainnya.

Jenis-Jenis Tanah di Indonesia dan Dunia

Tahukah anda jenis-jenis tanah apa saja yang ada di Indonesia? Kita patut bersyukur karena Indonesia dikaruniai tanah yang sangat subur sehingga tanaman bisa tumbuh dengan subur diIndonesia. Indonesia juga melimpah jenis-jenis tanah lain seperti tanah pasir sebagai bahan untuk mendirikan bangunan. Biasanya tanah pasir berasal dari material gunung berapi yang meletus. Apa sajakah jenis-jenis tanah yang ada di bumi? Nah, ini dia ulasan mengenai jenis-jenis tanah.

jenis-jenis tanah

Jenis-Jenis Tanah dan Pengertiannya

Ada bererapa jenis-jenis tanah yang ada di bumi. Jenis-jenis tanah tersebut adalah :

1.  Tanah Kapur

Tanah kapur adalah tanah yang terbuat dari pelapukan batuan kapur. Tanah kapur sangat mudah dilalui oleh air dan sedikit sekali mengandung humus. Tanah jenis ini cocok untuk pertumbuhan pohon jati.

2. Tanah Humus

Tanah Humus adalah tanah yang berada di lapisan atas bumi, bersifat gembur dan warnanya gelap. Tanah humus terbentuk dari pembusukan tumbuhan-tumbuhan yang telah mati. Tanah humus banyak ditemukan di hutan tropis termasuk di Indonesia. Inilah mengapa Indonesia dijuluki tanah surga, karena tanahnya sangat subur.

3. Tanah Vulkanik

Tanah Vulkanik biasanya banyak dijumpai di lereng gunung berapi. Tanah ini terbentuk dari material abu yang tertinggal setelah terjadi letusan gunung berapi. Tanah ini memang bersifat sangat subur dan sangat cocok untuk bercocok tanam. Warga Daerah Istimewa Yogyakarta sangat bersyukur karena dianugerahi gunung berapi yang setelah meletus dapat membuat tanah subur.

Baca ini:  Beginilah Cara Kerja Penangkal Petir




4. Tanah Gambut

Tanah gambut adalah tanah yang terbentuk di daerah rawa. Tanah ini bersifat asam, bertekstur lunak, basah dan berwarna gelap. Tanah gambut kurang subur sehingga tak cocok untuk pertanian.

5. Tanah Pasir

Tanah Pasir bersifat porous atau sangat mudah dilalui air. Tanah ini terbentuk dari pelapukan batu-batuan. Tanah pasir sangat kurang baik bagi pertanian, karena hanya sedikit sekali mengandung humus, tetapi cocok untuk bahan bangunan. Memang pasir adalah bahan yang utama untuk membuat bangunan.

6. Tanah Podzolik

Tanah Podzolik sangat mudah ditemukan di pegunungan yang bercurah tinggi dan juga beriklim sedang. Tanah podzolik ini terbetuk dari pelapukan batuan yang mengandung banyak kuarsa sehingga warna tanah ini kecoklatan. Tanah ini kurang subur karena mineral terbawa oleh air ketika hujan turun.

7. Tanah Liat

Tanah liat atau orang jawa biasa menyebutnya lempung terdiri atas butiran-butiran liat yang halus sehingga bersifat liat. Tanah ini sulit sekali dilalui air dan bahkan tidak bisa dilewati ketika sudah diolah, tanah liat mudah dibentuk sehingga sering dimanfaatkan untuk membuat gerabah. Bahkan tanah liat bisa dibuat kerajinan tangan, berikut link contoh Kerajinan dari Tanah Liat.

8. Tanah Laterit

Tanah Laterit adalah tanah yang berada di lapisan tanah bawah. Tanah ini tidak subur dan berwarna kemera-merahan.

9. Tanah Aluvial

Tanah Aluvial atau disebut juga tanah endapan. Tanah ini terbentuk dari endapan lumpur yang terbawa air hujan ke dataran rendah. Tanah ini sifatnya subur karena terbentuk dari kikisan tanah humus.

Nah, itulah tadi jenis-jenis tanah yang ada di bumi, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca artikel Klik Pintar.

Baca ini:  Ciri Khusus Tumbuhan Eceng Gondok

Advertisement




Related Posts

11 Responses

  1. Niar Valenti at Reply

    mana gambarnya

  2. Faisal Tri Gozila at Reply

    Mana gambarnnya

  3. Syaeful Sang Rezz'pextorr at Reply

    ko nggak ada pengertian tanah mergel..

  4. Kamelia Nurhasanah at Reply

    yeyy aku dapat jawabn ny.. thank

  5. Toples Mandai at Reply

    makasih ya sdh memberi tau , jd nya saya sudah tau sekarang

  6. Vicky Zebua at Reply

    mana TANAH MERGEL NYA ?? —

  7. Siti Saniah at Reply

    tanah terarosa ko ga ada ??? …

  8. Vega Aurelia Intan Savitri at Reply

    kok enggak lengkap?!

  9. Muhammad Zulfikar Anjas at Reply

    Thx, yang jawab ngak lengkap berarti ngak menghargai pekerjaan orang

  10. Bkan Urusanmu at Reply

    y kok gak lengkap

  11. Sofyan van Dozer at Reply

    mana gambarnya

Leave a Reply